Kajian Penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF) Di Jalan Tol Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.46447/ktj.v6i2.27Keywords:
Antrian, Tundaan, Transaksi, Multi Lane Free FlowAbstract
Jumlah kendaraan yang terus meningkat tidak sejalan dengan pertumbuhan pembangunanjalan di Indonesia. Mix traffic dan kemacetan sering ditemui terutama di daerah perkotaan.Jalan tol dibuat untuk mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi. Saat ini Indonesiamenerapkan pembayaran menggunakan kartu elektronik yang pada kenyatannya masihmenyebabkan antrian kendaraan untuk bertransaksi di gerbang tol. Diperlukan adanyapembaruan teknologi yaitu menggunakan Multi Lane Free Flow. Yaitu metode pembayarantanpa berhenti dengan pengguna tidak harus menghentikan kendaraannya untukbertransaksi. Pada penelitian kali ini akan dibahas mengenai analisis penerapan Multi LaneFree Flow bila diterapkan di Indonesia menggunakan metode analisis PEST dan analisisSWOT. Dari hasil analisis PEST dan analisis SWOT dapat dikatakan bahwa Multi Lane FreeFlow layak untuk diterapkan di Indonesia dengan pemilihan teknologi yang tepat dan sesuaidengan culture dari masyarakat Indonesia.