Efektivitas Penataan Parkir Di Badan Jalan Terhadap Peningkatan Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Ir.H Juanda Kota Sukabumi)
DOI:
https://doi.org/10.46447/ktj.v7i2.285Keywords:
Parkir Badan Jalan, Kinerja Ruas Jalan, Kinerja ParkirAbstract
Ruas Jalan Ir.H. Juanda Kota Sukabumi merupakan kawasan komersial dan kawasan pendidikan dengan lokasi parkir yang berada di jalan (on street). Permasalahan mengenai parkir yang ada pada ruas jalan tersebut memberikan dampak terhadap kapasitas jalan yang ada. Parkir yang tidak tertata dengan rapi membuat kinerja ruas jalan tersebut menjadi kurang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan perhitungan kinerja ruas jalan berdasarkan MKJI 1997. Perhitungan kinerja parkir menggunakan perhitungan karakteristik parkir hingga indeks parkir serta penentuan pola parkir berdasarkan Pedoman Teknis Fasilitas Parkir. Hasil dari penelitian ini adalah direkomendasikan untuk penetapan pola parkir untuk kendaraan roda 4 dari sudut 0° menjadi sudut 45⁰ dikarenakan hal ini akan lebih menerima kapasitas kendaraan lebih banyak dan pola parkir sudut 90° menjadi sudut 45⁰ untuk kendaraan sepeda motor. Perubahan sudut parkir mempengaruhi perubahan jumlah SRP menjadi 57 petak untuk SRP kendaraan ringan. Sedangkan berdasarkan analisis yang dilakukan 2 SRP kendaraan ringan dapat digunakan untuk 10 SRP sepeda motor. Jumlah SRP yang dihasilkan setelah dilakukan perubahan sudut adalah 135 petak untuk sepeda motor dan 30 petak untuk kendaraan ringan.