Analisis Strategi Pemasaran Untuk Mengembangkan Jasa Transportasi Po Primajasa

Authors

  • Prita Nur Aristiani Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD Bekasi
  • Yenita Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Reza Yoga Anindita Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan https://orcid.org/0000-0003-3933-2048

DOI:

https://doi.org/10.46447/ktj.v10i1.469

Keywords:

Pengembangan bisnis, Jasa Transportasi, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pemasaran dan pengembangan

bisnis PO Primajasa Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif,

dilakukan di Kantor PO Primajasa Jakarta dengan pemilihan informan berdasarkan

kriteria sampling. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan kajian dokumen

pendukung.Hasil penelitian menunjukkan bahwa PO Primajasa menerapkan strategi

pemasaran dengan memilih lokasi yang strategis, memahami peluang bisnis,

menyediakan berbagai pilihan, mengutamakan kepuasan pelanggan, dan menjaga

kebersihan armada bus. Upaya pengembangan perusahaan melibatkan tahap-tahap

seperti pengumpulan ide, penyaringan ide, pengujian, pengembangan konsep produk

baru, strategi pemasaran, analisis usaha, pengembangan produk menyeluruh, uji

pasar, dan komersialisasi.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa PO Primajasa

telah terorganisasi dalam mengelola produk baru melalui implementasi berbagai

tahapan sebagai bagian dari strategi pemasaran.

Downloads

Published

2023-06-26