Quick Menu
REFERENCE TOOL
SUPPORTED BY
INDEXED BY
TEMPLATE
Title
(Tahoma 14 pt, Bold, Rata Tengah)
First Author1, Second Author2, Third Author3, Fourth Author4, Fifth Author5
(Tahoma 10 pt (Bold) , Justify)
1,2,3,4,5Institution/affiliation, addres of institution/affiliation
e-mail: 1xxxx@xxxx.xxx, 2xxx@xxxx.xxx, 3xxx@xxxx.xxx, 4xxx@xxxx.xxx
, 5xxx@xxxx.xxx
(Tahoma 10 pt , Justify)
Received date-month-year; Reviewed date-month-year; Accepted date-month-year
Journal Homepage: http://ktj.pktj.ac.id/index.php/ktj
DOI: xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
Abstract Tahoma, Bold, 11pt
A maximum 200 word abstract in English in italics with Tahoma 11 point. Abstract should be clear, descriptive, and should provide a brief overview of the problem studied. Abstract topics include reasons for the selection or the importance of research topics, research methods and a summary of the results.
Keywords: 3-5 keywords, keyword A, keyword B, keyword C, keyword D, keyword E
Abstrak Tahoma, Bold, 11pt
Abstrak Maksimal 200 kata berbahasa Indonesia dicetak miring dengan Tahoma 11 point. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian dan ringkasan hasil.
Kata kunci: 3-5 kata kunci, kata kunci A, kata kunci B, kata kunci C, kata kunci D, kata kunci E
PENDAHULUAN Tahoma, Bold, 12pt
Tujuan akhir Anda adalah untuk membuat jurnal yang sesuai dengan aturan baku jurnal pengabdian masyarakat Transjaya. Untuk hal-hal yang tidak tercantum di panduan ini, silahkan mengacu pada informasi yang telah Anda dapatkan pada aturan penulisan ilmiah. Jurnal dipersiapkan dalam bentuk softcopy dengan format ukuran kertas A4. Batas tepi: atas = 2,50 cm, bawah = 2,50 cm, sisi = 2,50. Ukuran paragraf menjorok adalah 0,35 cm. Jenis huruf yang digunakan Tahoma 12.
Tipe ukuran dan jenis huruf pada tabel ikuti ukuran yang telah dicantumkan dalam Tabel 1. Tiap paragraf diatur rata kiri-kanan. Pada halaman terakhir artikel Anda, atur panjang lebarnya agar sama besar. Gunakan tanda hubung otomatis dan pemeriksa ejaan (bila tersedia).
METODE Tahoma, Bold, 12pt
Pada bagian metode penerapan, uraikanlah dengan jelas dan padat metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan dalam kegiatan pengabdian. Hasil pengabdian itu harus dapat diukur dan penulis diminta menjelaskan alat ukur yang dipakai, baik secara deskriptif maupun kualitatif. Jelaskan cara mengukur tingkat ketercapaian keberhasilan kegiatan pengabdian. Tingkat ketercapaian dapat dilihat dari sisi perubahan sikap, sosial budaya, dan ekonomi masyarakat sasaran. (1)
HASIL DAN PEMBAHASAN Tahoma, Bold, 12pt
Pengabdian kepada masyarakat adalah usaha untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni kepada masyarakat. Kegiatan tersebut harus mampu memberikan suatu nilai tambah bagi masyarakat, baik dalam kegiatan ekonomi, kebijakan, dan perubahan perilaku (sosial). Uraikan bahwa kegiatan pengabdian telah mampu memberi perubahan bagi individu/masyarakat maupun institusi baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Pada bagian ini uraikanlah bagaimana kegiatan dilakukan untuk mencapai tujuan. Jelaskan indikator tercapainya tujuan dan tolak ukur yang digunakan untuk menyatakan keberhasilan dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan. Ungkapkan keunggulan dan kelemahan luaran atau fokus utama kegiatan apabila dilihat kesesuaiannya dengan kondisi masyarakat di lokasi kegiatan. Jelaskan juga tingkat kesulitan pelaksanaan kegiatan maupun produksi barang dan peluang pengembangannya kedepan. Artikel dapat diperkuat dengan dokumentasi yang relevan terkait jasa atau barang sebagai luaran, atau fokus utama kegiatan. Dokumentasi dapat berupa gambar proses penerapan atau pelaksanaan, gambar prototype produk, tabel, grafik, dan sebagainya.
Gambar 1. Grafik hubungan antara x dan xx
Tabel dibuat dengan lebar garis 1 pt dan tables caption (keterangan tabel) diletakkan di atas tabel. Keterangan tabel yang terdiri lebih dari 2 baris ditulis menggunakan spasi 1. Garis-garis tabel diutamakan garis horizontal saja sedangkan garis vertikal dihilangkan. Gambar atau Tabel harus diletakkan di bagian tengah, jangan di buat rata kiri atau rata kanan. Usahakan konten pada gambar jelas dan terlihat ketika di baca.
Tabel 1. Contoh format tabel
No Uraian Keterangan
1 Uraian 1 Keterangan
2 Uraian 2 Keterangan
3 Uraian 3 Keterangan
4 Uraian 4 Keterangan
5 Uraian 5 Keterangan
Sumber: KTJ, 2020
KESIMPULAN Tahoma, Bold, 12pt
Kesimpulan harus mengindikasi secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Kesimpulan sebaiknya dapat berupa paragraf, tidak berbentuk point-point.
UCAPAN TERIMA KASIH Tahoma, Bold, 12pt
Penulis mengucapkan terima kasih kepada xxx yang telah memberi dukungan financial terhadap pengabdian ini.
DAFTAR PUSTAKA Tahoma, Bold, 12pt
Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka Minimal 10. Daftar Pustaka berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya. Format penulisan adalah sesuai dengan format American Psychological Association (APA) 7th Edition. Ketentuan umum mengenai urutan penulisan data sebuah pustaka adalah sebagai berikut, misalkan diambil dari buku, ataupun artikel.
Contoh :
Articles in Periodicals
Articles in Journal Paginated by Volume
Harlow, H. F. (1999). Fundamentals for preparing psychology journal articles. Journal of Comparative and Physiological Psychology, 55, 893-896.
Articles in Journal Paginated by Issues
Kansiati, C. L. (2006). Orientasi baru penyelenggaraan pendidikan program profesional dalam memenuhi kebutuhan dunia industri. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 57-65.
Articles in a Magazine
Henry, W. A., III. (2005, April 12). Making the grade in today’s schools. Time, 135, 28-31
Articles in a Newspaper
Pitunov, B. (2008, Desember 13).Sekolah unggulan ataukah sekolah pengunggulan?. Majapahit Pos, pp. 4, 11.
Books
Edited Book with an Author or Authors
Morshed, M. M., & Haseeb, A. S. M. A. (2009). Physical and chemical characteristics of commercially available brake shoe lining materials : A comparative study. Dhaka : Materials and Metallurgical Department, Bangladesh University of Engineering and Technology.
A Translation
Ary, D., Yacobs, L. C., & Razavieh, A. (2001). Pengantar Penelitian Pendidikan. (A. Furchan, Trans). Surabaya : Usaha Nasional. (Original Work published 1976)
Edition Other Than First
Helfer, M. E., Kempe, R. S., & Krugman, R. D. (2000). The battered child (5th ed.). Chicago, IL: University of Chicago Press.
Article or Chapter in an Edited Book
O’Neil, J. M.,& Egan, J. (1999). Men’s and women’s gender role journeys: A metaphor for healing, transition, and transformation. In B. R. Wainrib (Ed.), Gender issues across the life cycle (pp. 107-123). New York, NY: Springer.
Electronic Books
De Huff, E.W. (n.d.). Taytay's tales: Traditional Pueblo Indian tales. Retrieved from
http://digital.library.upenn.edu/women/dehuff/tayt ay/taytay.html
Davis, J. (n.d.). Familiar birdsongs of the Northwest. Available from
http://www.powellls.com/cgi-bin/biblio? Inkey=1- 9780931686108-0
Other Print Sources
Dissertation/Thesis, Published
Wahyuni, S. Y. (2009). Pengembangan uji kompetensi mandiri berbasis komputer untuk meningkatkan efikasi diri siswa (Doctoral dissertatation). Retrieved from name of database
Dissertation/Thesis, Unpublished
Kuntoro, T. H. (2007). Pengembangan kurikulum pelatihan magang di SMK : Suatu studi berdasarkan dunia usaha (Unpublished Doctoral dissertation). Program Pasca Sarjana UNNES, Semarang.
Government Document
National Institute of Mental Health. (2008). Clinical training in serious mental illness (DHHS Pubication No. ADM 90-1679). Washington, DC : U. S. Government Printing Office.
Conference Proceedings
Suci, P., Tjipto, P., & Budi, J. (Eds.). (2013). Implementasi penggunaan simulasi phET dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa. , Prosiding Seminar Nasional IPA IV . Semarang: Program Studi Pendidikan IPA S1 FMIPA UNNES.
Penting: Panjang halaman minimal 6 dan maksimal 12 Halaman (termasuk lampiran jika ada).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
Quick Menu
REFERENCE TOOL
SUPPORTED BY
INDEXED BY
TEMPLATE
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Editorial Office:
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M)
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Jl. Semeru No.3, Slerok, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52125
Email: p3m@pktj.ac.id | www.pktj.ac.id | Twitter @PKTJ_Tegal | IG @pktj_tegal | FB @PKTJTegal